Tuesday, June 12, 2012

East Kalimantan Center Solusi Tepat Belanja Oleh-oleh Khas Kalimantan

Haaayyy guys... para Blogger  dan Pembaca semua, Udah pada tau belum nii  Samarinda   memiliki East Kalimantan Center  yaitu, Toko Pusat Oleh-oleh terlengkap yang berada di Samarinda  seperti Kerajinan Tangan, Souvenir, Accessories dan Makanan  Khas Kalimantan Timur. Yang Tepatnya Berada di Jl.P .Antasari (Samping Happy Puppy) ..Tempat yang strategis berada di tengah – tengah kota Samarinda ini juga yang menjadi kelebihan dari Toko East Kalimantan Center kemudahan aksesnya jika kita ingin berbelanja oleh-oleh di East Kalimantan Center ini..
Kalau kita lihat dari sisi luar toko East Kalimantan Center ini kelihatannya seperti Toko untuk orang – orang  yang berkelas  atau pasti awalnya kita mengira waaahh pasti barang – barangnya  mahal niihh… eeiiitttss jangan salah kira dulu... yaa, karena produk - produk di East Kalimantan Center ini memiliki  harga yang  sangat terjangkau untuk semua kalangan, apalagi untuk kantong mahasiswa seperti saya ini hihi :p…



Setelah melihat dari sisi luarnya sekarang kita cccuusss kedalam yuukkk biar gak penasaran…
Saat kita membuka pintu Masuk, kita telah disajikan berbagai Macam Kerajinan Tangan Khas Kalimantan yang unik  seperti  topi – topi  yang terbuat dari  rotan dan beberapa  dilapisi dengan manik. Topi – topi ini biasa digunakan untuk acara adat.

Lanjut ke Batik Khas Kalimantan Timur yuuukkk ..
Sebagai salah satu kekayaan Nusantara, batik, meski yang terkenal sentra produksi  terpusat di Pulau Jawa, bukan berarti batik tidak dapat ditemui di tempat lain selain Jawa. Setiap daerah memiliki keunikan motif dan warna batik yang saling berbeda-beda. Misalnya, batik Kalimantan Timur, seperti halnya Kalimantan juga memiliki motif batik yang khas dan unik,batik khas Kaltim juga memiliki motif yang membedakannya dengan batik hasil produksi daerah lain. Batik Kaltim umumnya memiliki kombinasi warna yang cukup mencolok dipadu dengan motif yang lumayan penuh. Namun justru disinilah daya pikatnya yang membuat Batik Kaltim mudah dikenali. Dan di East Kalimantan Center ini menyediakan kain batik dan baju jadi batik juga looh,,, komplit lah pokoke,,, hehehe ..Bagaimana, berani tampil dengan warna-warna terang nan memikat dengan batik kaltim? Kain Batik yang Memiliki Bahan dan Motif yang berfariasi harga Mulai Rp.45.000 - Rp.1.100.000.

Naahh sekarang Giliran Sarung Tenun Asli Samarinda yaa..
Sarung Tenun Asli Samarinda ini yang cara membuatnya masih menggunakan alat tradisional yang juga menjadi salah satu kebanggaan Kalimantan Timur  ini juga terdapat di East Kalimantan Center . Dengan Macam dan Bahan yang berfariasi harga mulai dari Rp. 20.000 – Rp.700.000.

 Nah, kalau berkunjung ke Kalimantan Timur kamu harus tahu nih, barang-barang atau kerajinan tangan khas Kalimantan Timur  yang dihasilkan. Bahkan ada juga yang dibuat oleh suku Dayak Asli. Ini Semua juga terdapat di East Kalimantan Center.

Manik
Kerajinan manik-manik khas suku Dayak biasanya dibuat menjadi pakaian, menghias topi atau seraung maupun bening aban. Kini banyak hasil kerajinan manik-manik yang diolah menjadi tas, kalung, gelang, gantungan kunci dan aneka macam hiasan lainnya.
Dengan Model dan Harga yang berfariasi mulai dari Rp.5.000 – Rp.660.000

Bening
Alat untuk memanggul anak yang hanya terdapat pada masyarakat suku Dayak Kenyah. Alat ini terbuat dari kayu. Biasanya dihiasi dengan ukiran atau dilapisi dengan sulaman manik-manik serta uang logam.
  Motif  dan Bahan bening yang berfariasi dengan harga mulai dari Rp.140.000 – 700.000
 
Anjat
Alat berbentuk seperti tas yang terbuat dari anyaman rotan dan memiliki dua atau tiga sangkutan. Anjat biasanya digunakan untuk menaruh barang-barang bawaan ketika bepergian. 
  Motif  dan Bahan Anjat yang berfariasi dengan harga mulai dari Rp.35.000 - Rp.550.000
Seraung
Topi berbentuk lebar yang biasa digunakan untuk bekerja di ladang atau untuk menahan sinar matahari dan hujan. Saat ini banyak diolah seraung-seraung ukuran kecil untuk hiasan rumah tangga. Motif  dan Bahan Anjat yang berfariasi dengan harga mulai dari Rp.55.000 - Rp.625.000





Rotan
Kerajinan rotan yang termasuk khas dari Kalimantan Timur Juga bisa kamu dapatkan di East Kalimantan Center Tas yang terbuat dari Rotan yang memiliki Motif  dan Bahan Rotan yang berfariasi dengan harga mulai dari Rp.50.000 - Rp.660.000











Kerajinan Kulit Kayu
Ini dia kerajinan yang menurut saya paling unik..


Wiiiss ini dia yang  gak boleh ketinggalan, kurang afdhol kalo belum negarasain makanan khas samarinda, Ujar Urang Tuha Bisa Kepuhunan hihi..
Yup Makanan Khas samarinda 
  • Amplang 
  • Lempok Durian
  • Abon Ikan
  • Keripik Buah2an
  • Gula Gaith
Yang kisaran Harganya mulai dari Rp.5.000 - 70.000 



East Kalimantan Center selain menyediakan barang - barang makanan khas kalimantan juga menjual buku - buku dan  T-Shirt East Kalimantan Center 
 Accessories
Asseekkk ini dia yang paling menarik perhatian saya, saat berada di Toko East Kalimantan Center . Berbagai Macam Accessories ini mulai dari gelang ampe Kalung.. yang bikin saya seneng lagi harganya bener murah dari tempat lain..

niihh yaa Accessories di East Kalimantan Center  dipatok harga mulai dari Rp.5.000 - Rp.800.000...










Yaa sebelum saya menutup postingan ini saya mau mengucapkan terima kasih banyak kepada d'tepian  yang telah memberi kesempatan dan  ide menulis tentang East Kalimantan Center  ini yang menurut saya postingan saya yang paling istimewa hehehe.. dan kepada Pemilik Toko East Kalimantan Center yup, sapa lagi kalo bukan Mba  Mba Nirma Ismarayani  yang udah ngebolehin para   Blogger   ngancurin Tokonya haha.. 


Semoga Postingan ini Bermanfaat buat teman2 semua.. kalo ada yang tertarik setelah membaca ini kalo mau langsung cuuss ke Toko nya bisa ini yaa alamatnya..
Showroom :
Jl.Antasari No.1 (Samping happy Puppy) Samarinda Kalimantan Timur 75117
*Buka dari Pukul 06.00 sampai pukul 24.00 (Juga menerima Pembuatan T-Shirt Kalimantan)
* Melayani Pesan ANtar dalam Pembelian Paket untuk Semua (siap kirim untuk dalam/luar kota)
No. Telp : 081347333337 / 081347337333
Email : eastkalimantancenter@ymail.com 
Facebook : East Kalimantan 
Twitter : @eastkalimantan

Syukron  "--
 

17 comments:

  1. Mas apri..ikut aseekk juga ahh :p

    ReplyDelete
  2. mpoooo...ni yang dijalan serindit dekat temindung itu ya?

    ReplyDelete
  3. aaiiis lain mpo di jl.antasari mpo :p
    ada alamat lengkapnya diatas ko' mpo..:D

    kesana gih mpo..murah2 loh:p

    ReplyDelete
  4. Keren mba.. East Kalimantan Center, ikut melestarikan warisan budaya indonesia.

    Semoga suatu hari aku bisa kesana..

    ReplyDelete
  5. hehe ya bener banget mas..
    *mudah bisa melancong ke kaltim trus singgah ke east kalimantan yaa mass..

    ReplyDelete
  6. wow EAST BORNEO, bisnis yang bagus, dijual online aja sist, siapa tau ada foreigner yang interest dan beli

    ReplyDelete
  7. tulisannya keren:) #TetapSemangatNgeblogNya...

    ReplyDelete
  8. Saya mau nich promosi kn saya kn dr kalimantan jg hy kerja nya di luar kalimantan . Gmn cr nya spy saya bs kerja joint sama mbak nich

    ReplyDelete
  9. Aku mau beli baju, oleh2 dri samarinda, tpi mahalnga yahh.

    ReplyDelete
  10. masi ada jual topi seraungnya?

    ReplyDelete